Kamis, 24 November 2011

7 Alasan Menabung Polis Asuransi



Alasan utama seseorang untuk menabung di asuransi sebenarnya hanya satu yaitu mengamankan dan menyelamatkan aset keluarga yang sudah dikumpulkan bertahun-tahun dari resiko kehidupan yang bisa saja terjadi ditengah waktu ketika seseorang tersebut bekerja untuk mencari penghidupan keluarga. Resiko kehidupan yang dimaksud adalah kecelakaan, sakit kritis, dan meninggal dunia. 

Ingat bahwa pada kenyataannya manusia meninggal hanya disebabkan oleh 3 hal tersebut. Orang meninggal karena usia tua hanya 2%, meninggal karena kecelakaan 3% dan karena sakit mencapai 95%.

Mulai memasuki abad 21 masyarakat Indonesia disuguhi model baru asuransi yang disebut produk unitlink, yaitu asuransi yang dikaitkan dengan program investasi. Jika sesorang mengikuti program ini dengan proporsi yang ideal maka akan mendapatkan sejumlah nilai tunai yang bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu ketika membutuhkan. Jika terjadi sesuatu yang ada hubungannya dengan resiko kehidupan selama masa asuransi belum selesai maka pihak keluarga akan mendapatkan sejumlah uang pertanggungan beserta hasil tunai dana yang diinvestasikan. Sebaliknya jika tidak terjadi dan dana diinvestasikan terus menerus maka dana ini terus berkembang optimal sesuai hasil bisnis  sampai waktu yang diinginkan oleh nasabah. Dengan kata lain, dana nasabah ini akan menjadi dana cadangan pensiun nasabah yang dapat dipergunakan untuk kepentingan apapun.

Sedangkan alasan lainnya yang dapat dibeli oleh seorang nasabah sudah disediakan oleh perusahaan asuransi sebagai produk tambahan yang bisa diambil sebagian atau seluruhnya tergantung prioritas kebutuhan nasabah. 

Produk tambahan tersebut antara lain :
  1. Persiapan dana pendidikan anak
Dengan komitmen menabung yang kuat seorang nasabah dapat merencanakan pembiayaan pendidikan anak dari tahun ke tahun. Pada asuransi unit link, nasabah merencanakan waktu dan jumlah pengambilan dananya sendiri dan tidak ditentukan oleh perusahaan asuransi. 

  1. Persiapan dana pensiun
Ketika nasabah membeli polis asuransi selain mendapatkan perlindungan dana pertanggunan meninggal, otomatis akan terbentuk nilai tunai yang bisa terkumpul dalam jumlah besar, sehingga ketika masa pensiun tiba dapat dipergunakan sebagian atau seluruhnya. Tentu saja selama masa pembayaran asuransi tersebut dana tidak sering diambil. Bayangkan kalau tabungan di bank selalu diambil setiap waktu maka tabungan tersebut juga tidak bertambah banyak bukan?

  1. Persiapan biaya rawat inap di rumah sakit
Jika nasabah mengalami sakit kemudian dilakukan rawat inap di rumah sakit, maka perusahaan asuransi akan membayarkan/menggantikan biaya rawat inap seluruhnya atau sebagian sesuai dengan plafon biaya yang dimiliki oleh nasabah tanpa mengurangi akumulasi nilai tunai dalam tabungan investasinya.

  1. Perlindungan pembiayaan sakit kritis
Jika nasabah mengalami sakit kritis misalnya kanker, gagal organ, kelumpuhan, stroke, jantung, dll dan harus mengalami perawatan dirumah sakit tentunya membutuhkan biaya perawatan yang besar. Oleh karena itu jika produk ini diambil maka nasabah akan mendapatkan biaya perawatan sesuai dengan plafon yang dimiliki dengan tidak mengurangi biaya rawat inap.

  1. Perlindungan resiko kecelakaan cacat tetap total atau meninggal
Resiko kecelakaan bisa menyebabkan seseorang mengalami cacat tetap sehingga tidak mampu untuk bekerja kembali. Oleh karena itu untuk menunjang kebutuhan hidupnya perusahaan asuransi menyediakan produk ini. Jika nasabah mengalaminya maka perusahaan asuransi akan memberikan santunan cacat tetap dan atau meneruskan program tabungannya sampai waktu tertentu.

  1. Sarana berbisnis dan berinvestasi
Selain mendapatkan manfaat proteksi, nasabah bisa saja melakukan bisnis asuransi dengan mengajak dan atau mereferensikan anggota keluarga atau orang lain untuk menabung di asuransi yang sama, dimana nasabah tersebut mendapatkan imbalan sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaan.Selain dirinya sendiri yang memperoleh manfaat asuransi, nasabah juga bisa memberikan manfaat ini untuk orang lain. 

Tentunya dengan membeli produk asuransi tambahan semakin banyak maka dibutuhkan premi tabungan semakin besar. Oleh karena itu prioritas manfaat tambahan sangat dibutuhkan untuk menyesuaikan dengan tujuan mengikuti program asuransi. Jika Anda belum mempunyai dana yang cukup banyak atau bahkan tidak yakin akan kemampuan menabung jangka panjang maka memerlukan beberapa pertimbangan membeli polis asuransi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar